Pesona Air terjun Sekumpul Bali

Pesona Air terjun Sekumpul Bali

Bali merupakan destinasi wisata favorit untuk banyak kalangan orang, lokal maupun turis. Menyebut wisata Bali, pasti orang akan berpikir Bali identik dengan pantai. Padahal, banyak sekali nuansa alam yang bisa dinikmati di pulau Bali ini, salah satunya adalah air terjun. Jumlah air terjun di Pulau Bali ini tidaklah sedikit dan air terjun ini sebagian besar menyambung satu sama lain. Contohnya air terjun yang terdapat di Bali Utara, air terjun Aling-aling, air terjun Munduk, air terjun gitgit, dan air terjun sekumpul. Dari beberapa air terjun tersebut yang sudah saya datangi, disini saya ingin membahas air terjun Sekumpul.

Air terjun Sekumpul ini cukup menarik dan wisatawan tidak banyak yang tahu tentang air tejrun ini. Lokasi yang jauh menjadi alasan utama para wisatawan untuk urung mendatangi air terjun ini. Air terjun ini terdapat di Desa Sekumpul, Buleleng, Bali Utara. Jalan menuju desa ini cukup bagus dan bisa dilalui oleh dua mobil, akan tetapi saat sudah mendekati area air terjun Sekumpul jalan mulai menyempit. Bahkan untuk masuk ke anak tangga menuju air terjunnya hanya bisa dilalui oleh motor.
Karena saya hanya sendiri dan membawa motor, masuk ke kawasan ini hanya dikenakan Rp 5000 dan parkir motor Rp 2000. Untuk sekedar info, tempat ini dikelola oleh warga setempat, jadi berusaha ramah dengan mereka jika berpapasan.
Setelah saya memparkir motor saya, dimulailah perjalanan yang cukup melelahkan ini. Untuk menuju air terjunnya, saya harus melawati ratusan anak tangga menuju ke bawah. Sangat disarankan untuk mempersiapkan stamina ekstra dan bawalah selalu minuman atau cemilan karena ini sangat berguna.
Dalam perjalanan ke bawah menuju air terjun,saya disuguhi pemandangan yang luar biasa. Air terjun dikelilingi hutan tropis khas Indonesia.

Air Terjun Sekumpul 1

Ketika sudah melewati ribuan anak tangga dan sampai dibawah,saya menemukan dua cabang jalan. Perbedaanya adalah jika kita mengambil jalan yang kiri, hanya terdapat dua air terjun seperti yang terlihat di gambar, aksesnya pun tidak terlalu jauh dan tidak sulit. Dan jika kita mengambil jalan yang kanan akan mengantar kita ke tiga air terjun dan air terjun disini merupakan air terjun tertinggi di Sekumpul, akses menuju kesana pun cukup lama dan sulit karena harus menyebrangi sungai yang tingginya sepaha. Karena pada saat itu saya datang sudah terlalu sore, maka saya hanya memlih satu perjalanan dan saya memilih jalan sebelah kanan.
Seperti yang saya katakan tadi, kontur jalanan disini tidak biasa. Cukup menguras stamina. Karena pada saat itu musim hujan, saya harus menyebrangi sungai yang cukup deras alirannya dan disuguhi hutan yang cukup lebat.

Trek menuju air terjun 1

Setelah jalan kurang lebihi 45 menit, akhirnya saya mendengar derasnya air terjun mengalir. Dari kejauhan saya melihat begitu indahnya tiga air terjun yang tingginya kurang lebih 80 meter. Pada saat mendekati air terjun terdapat sungai yang harus saya sebrangi, disini saya beberapa kali tergelincir karena permukaan sungai yang cukup dalam dan air sungainya yang sangat deras.

Sekali lagi saya katakan, stamina dan waktu yang sudah saya korbankan sungguh terbayarkan dengan pemandangan air terjun tertinggi di Bali ini. Dan saya baru menyadari tidak ada satupun orang disini, hanya saya sendiri. Setelah mengabadikan beberapa foto, waktu menunjukkan hampir pukul 18.00, ini berarti saya harus bergegas pulang agar tidak terlalu gelap. Untuk rute pulangnya pun juga sama, saya harus melewati beberapa sungai dan hutan yang cukup lebat. Tetapi ada perbedaan yang cukup signifikan, pada saat saya memasuki kawasan air terjun saya harus menuruni anak tangga, tapi saat saya keluar saya harus menaiki ratusan anak tangga.

Leave a Reply